FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KESUKARAN SISWA MEMAHAMI TEKS BAHASA INGGRIS

Nurul Fajri, Nurmainiati Numainiati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesukaran-kesukaran yang dihadapi siswa dalam memahami teks Bahasa Inggris, faktor-faktor yang menyebabkan siswa sulit memahami teks Bahasa Inggris dan kemudian merumuskan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi siswa dalam memahami teks bahasa Inggris dengan metode deskriptif kualitatif dan subjeknya siswa kelas 12 dari SMAN 1 Sigli yang berjumlah 30 orang. Perolehan data melalui penyebaran angket dan wawancara, kemudian menganalisis dengan melakukan teknis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa mengalami kesukaran memahami teks bahasa Inggris dikarenakan mereka kurang memiliki minat dan ketertarikan, kurangnya kosentrasi dan fokus, dan kurangnya penguasaan strategi maupun metode memahami teks bahasa Inggris. Faktor penyebab timbulnya kesukaran ini adalah kurangnya penguasaan kosa kata dan tidak terbentuknya kebiasaan membaca teks-teks bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan sebanyak 33,33% menyatakan kendala memahami teks bahasa Inggris adalah penguasaan kosa kata terlalu sulit, 46,66% menyatakan penggunaan kosa kata teks bahasa Inggris di dalam buku-buku pelajaran bahasa Inggris  atau yang diberikan oleh guru terdapat penggunaan kata-kata yang sulit. Di samping itu, terdapat 53,33%  penyebab sebagian orang tidak tertarik dengan bahasa Inggris karena kurangnya penguasaan kosa kata dan 76, 67% menyatakan bahwa pengaruh kurangnya konsentrasi dan fokus memahami teks bahasa Inggris salah satu penyebab utamanya adalah  kurangnya penguasaan kosa kata, dan sebanyak 56.67% menyatakan seseorang tidak mampu memahami teks bahasa Inggris dikarenakan tidak memiliki strategi, tidak memiliki kebiasaan dan tidak suka membaca teks bahasa Inggris. Akhirnya disimpulkan bahwa penyebab dominan siswa mengalami kesulitan memahami teks bahasa Inggris adalah kurangnya penguasaan kosa kata. Di samping itu, berdasarkan hasil wawancara didapatkan sebagian siswa mengalami kesulitan memahami teks bahasa Inggris dikarenakan tidak memiliki strategi membaca yang tepat, kurangnya penguasaan kosa kata, kurangnya pemahaman tata bahasa, dan tidak terbentuknnya sebuah kebiasaan membaca yang baik. 

 

Kata kunci: Faktor Kesulitan; Teks Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.