PENGGUNAAN CONTEXT CLUES STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA

Zuhra Azhar, Retno Wahyu Ningsih

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan Strategi Context Clue untuk Meningkatkan kemampuan memahami bacaan  siswa merupakan penelitian eksperimental di MTsN 2 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah Strategi Context Clue dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Permasalahan yand dihadapi oleh siswa kelas VIII4 MTsN Aceh Besar adalah lemah kemampuan memahami bacaan. Desain penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah desain eksperimental. Subject dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 MTsN Aceh Besar yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian telah dilakukan pada tanggal 26 September sampai dengan 03 Oktober 2019. Prosedur penelitian ini berupa melakukan pre-tes, percobaan, dan post-tes. Data dikumpulkan dengan membagikan soal pada pre-tes dan post-tes dan data akan dianalisa dengan menggunakan right t independent test. Nilai mean pada pre-tes adalah 33 dan nilai Mean pada post-tes adalah 77. Penelitian ini menunjukan bahwa H0 ditolak karena Zcount lebig besar (6,78 daripada Ztabel (1,96). Ini bisa dinyatakan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi Context Clue lebih baik daripada siswa yang tidak diajarkan dengan menggunakan strategi Context Clue. Ini bisa disimpulkan bahwa penggunaan strategi Context Clue meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa.  

Kata Kunci: Pemahaman Reading, Strategi Context Clue, dan Teks Deskriptif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.