PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KOMPREHENSI MEMBACA SISWA

Fadhliatul Ghina, Andrian Andrian, Putri Wulandari

Abstract


ABSTRAK

 

Pemahaman membaca sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Peneliti meneliti tentang bagaimana meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan teknik peta pikiran dalam proses pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dalam empat pertemuan. Setiap penelitian pasti memiliki tujuan dan tentunya tergantung topiknya. Jumlah populasi 165 siswa dan terbagi dalam lima kelas. Mereka adalah kelas VIII-3 dan kelas VIII-5 yang terdiri dari 64 siswa. Kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: “Peneliti ingin mengetahui apakah Teknik Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas II MTsN 4 Banda Aceh”. Subjek utama penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen, dan 32 siswa VIII-5 sebagai kelas kontrol di MTsN 4 Banda Aceh. Data yang diperoleh adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari post test. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari pre test dan proses pembuatan peta pikiran yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Eksperimen yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penerapan penggunaan teknik peta pikiran yang dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Siswa mendapatkan perbaikan dalam teks deskriptif, menemukan kalimat topik, dan penguasaan kosakata, menyiapkan LKS untuk siswa, dan memanfaatkan proyektor LCD secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai post-test lebih tinggi dari nilai pre-test kedua kelas. Faktor yang meningkat dalam hal ini, yang pertama adalah siswa mudah memahami ide pokok teks. Kedua, siswa dengan mudah memahami struktur teks. Akhirnya siswa dapat menyimpulkan tujuan dari teks tersebut. Berdasarkan temuan tersebut, dengan teknik peta pikiran siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan kelas. Mereka terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Kondisi ini mendorong siswa untuk bekerja sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Dengan demikian, siswa mendapat lebih banyak pengalaman dan meningkatkan prestasi mereka.

 

Kata Kunci: Teknik Peta Pikiran, Pemahaman Membaca, Motivasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.