DAMPAK PEMANFAATAN VARIASI APLIKASI DIGITAL TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Nurlailahayati Nurlailahayati

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dan dapat mengoptimalkan partisipasi siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemanfaatan variasiperangkat digital pada pembelajaran Bahasa Inggrispada masadaring di SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Banda Aceh. Penulis menggunakan beberapa aplikasi digitalsepertiaplikasi e-learning Spada.Aceh, Whatsapp, email, video YouTube, dan Zoom. Dalam penelitian ini, partisipasi siswa dilihat dari kehadiran, dan keaktifan dalam diskusi interaktif. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan sampel 30 siswa kelas XII-MIPA 2tahunpelajaran 2020/2021. Data pada penelitian ini dikumpulkan dari dokumen berupa daftar hadir siswa, dan catatan lapangan selama diskusi virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan variasi aplikasi digital memberikan dampak yang sangat positif terhadap peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama pembelajaran jarak jauh. Kata kunci: VariasiAplikasi Digital, Pembelajaran Daring, Partisipasisiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.