PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI BERMAIN DI KELAS

Erlinawati Erlinawati

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan studi pendahuluan di salah satu SD Nagan Raya diperoleh bahwa kemampuan berbahasa siswa masih rendah. Hasil yang diperoleh yaitu 75% siswa dinyatakan tidak mencapai nilai KKM (Kriteria Kelulusan Minimum) yang ditetapkan. Hal ini disebabkan karena rendahnya ketertarikan siswa untuk mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dipelajari. Sehingga, perlu disusun suatu proses pembelajaran untuk menyelesaikan masalah tersebut. Era globalisasi ini, banyak proses pembelajaran yang diperkenalkan dalam menarik perhatian siswa agar kemampuan berbahasa siswa diperoleh dapat mencapai KKM. Salah satunya adalah proses pembelajaran yang berlangsung dengan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berbahasa siswa melalui bermain di kelas II SD Muhammadiyah Nagan Raya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas II yang berjumlah 4 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan bahasa siswa melalui bermain di kelas II SD Muhammadiyah Nagan Raya yaitu 75% yang berada pada kategori baik.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Bermain


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.