KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU

Murni Murni

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya guru yang melanggar tata tertib sekolah dan kurang disiplin hadir di sekolah serta kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang dijalankannya, ada juga guru yang berstatus PNS yang jarang masuk dan menggantikan mata pelajarannya dengan guru honorer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan (2) kebijakan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan (3) kendala kepala sekolah dalam pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengumpulkan data yang akurat dan terpercaya terhadap kebijakan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru, dilakukan dengan tehnik pengumpulan data yaitu: wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan dewan guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru di Madrasah Aliyah Labuhan Haji Timur Aceh Selatan sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, misalnya guru sudah menerapkan kedisiplinan dan bertanggung jawab terhadap tugasnya, tapi walaupun demikian ada juga sebagian guru yang memiliki motivasi yang rendah dalam menjalankan tugasnya. (2) Kebijakan kepala sekolah dengan pemberdayaan dan partisipasi, sistem standar kehadiran 90%, membina sifat tranparansi, penerapan manajemen Qalbu, dan pemberian sanksi. (3) Kendala kepala sekolah yaitu banyak kasus  yang ditemukan guru yang belum mampu menyusun program pengajaran, dan kurangnya kedisiplinan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya persiapan dari guru itu sendiri.

 

Kata kunci: Kebijakan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.