PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP INSHAFUDDIN BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Musnizar Safari, Ari Hestaliana R

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional, tingkat prestasi belajar, serta pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMP Inshafuddin berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan jenis kelamin sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Subjek dalam penelitian ini adalah 64 siswa pada kelas VIII (delapan) SMP Inshafuddin Banda Aceh pada tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional dan data dokumentasi berupa nilai rata-rata rapor siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecerdasan emosional siswa SMP Inshafuddin mayoritas berada pada kategori sedang, dengan perbandingan tingkat kecerdasan emosional siswa laki-laki (78,38%) lebih tinggi 15,42% dari pada tingkat kecerdasan emosional siswa perempuan (62,96%); 2) Tingkat prestasi belajar siswa SMP Inshafuddin mayoritas berada pada kategori sedang, dengan perbandingan tingkat prestasi belajar siswa laki-laki (64,9%) lebih rendah 5,5% dari pada tingkat prestasi belajar siswa perempuan (70,4%); 3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMP Inshafuddin sangat erat yang ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar ,063. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosi memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6,3% dan 93,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajar, jenis kelamin.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.