UPAYA GURU DALAM MENGAJAR TATA CARA SHALAT DI KELAS B

Ibrahim M. Jamil, Suryani Suryani

Abstract


Penelitian ini berjudul upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas TK B dengan rumusan masalahnya adalah bagaimanakah upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas TK B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas TK B dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar di TK B yang berjumlah 8 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas B maka dapat disimpulkan bahwa guru mengajarkan dan membimbing anak-anak tentang tata cara shalat yang benar dalam seminggu dua kali pertemuan. Guru yang mengajarkan tata cara shalat kepada anak dengan sangat telaten dan penuh kesabaran. Guru bekerja sama dengan guru yang lain dan dilakukan dengan bertahap dan dilaksanakan di sekolah yaitu di ruangan dan di luar kelas. Mengajarkan tata cara shalat, guru juga mempraktekkan secara bersama-sama dengan siswa. Guru mengawasi setiap gerakan tata cara shalat yang dilakukan siswa. Setelah selesai melaksanakan tata cara melaksanakan dengan bersama-sama langkah selanjutnya guru mengevaluasi setiap siswa dengan cara memanggil 5 orang siswa untuk praktek di depan kelas dengan kriteria satu orang siswa menjadi imam dan empat orang menjadi makmum.

 

Kata Kunci: Upaya Guru, Mengajar, Tata Cara Shalat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.