PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PAIKEM

Arifin Syamaun

Abstract


Pemasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah proses pembelajaran pada Anak Usia Dini PAUD AL-Fahri dan apakah metode PAIKEM dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran berbicara pada Anak Usia Dini PAUD AL-Fahri? Adapun tujuan penilitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada Anak Usia Dini PAUD AL-Fahri melalui pendekatan metode PAIKEM. Subjek penelitian ini adalah murid PAUD al-Fahri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan kritis. Dalam hal ini peneliti melakukan pendekatan siklus 1, jika hasil siklus 1 tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peneliti, maka peneliti melanjutkan pendekatan melalui siklus 2. Dari hasil observasi dan evaluasi pada siklus 1 menunjukkan hasil yang tidak memuaskan, maka peneliti melanjutkan penelitian pada pendekatan siklus 2, dari hasil observasi dan evaluasi pada siklus 2 sudah menunjukkan atakana yang diharapkan, maka peneliti menghentikan penelitiannya sampai pada siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran paikem dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada PAUD khususnya pada PAUD AL-Fahri.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, metode PAIKEM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.