MENGEMBANGKAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI DI TKIT BAITUSSHALIHIN KECAMATAN ULEE KARENG

Nurul Farina, Nova Sari

Abstract


Bahasa lisan merupakan kemampuan individu menguasai kosa kata, ucapan, gramatikal, dan etika pengucapan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan umum kronologisnya. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di TK Baitussalihin, Kecamatan Ulee Kareng, kelompok B (usia 5-6 tahun), peneliti menemukan bahwa sebagian besar anak TK kelompok B belum mahir dalam kemampuan bahasa lisannya. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan anak antara lain: menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama, menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, dan memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana pengembangan bahasa lisan anak usia dini melalui permainan permata tersembunyi di TKIT Baitusshalihin Kecamatan Ulee Kareng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. PTK pengembangan bahasa lisan melalui permainan permata tersembunyi mendapati hasil pra siklus sebesar 32,8%. Kemudian dilaksanakan PTK siklus I yang mendapati nilai rata-rata yaitu 52%. Setelah itu meningkat pada siklus II menjadi 86%, sehingga penelitian pada siklus II dinyatakan sudah tuntas, dikarenakan sudah melewati ambang nilai indikator keberhasilan. Dengan demikian, permainan permata tersembunyi di TK IT Baitussalihin dapat meningkatkan kemampaun bahasa lisan.

 

Kata Kunci: bahasa lisan, permainan permata tersembunyi, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyanti, Mika Nur, Imanuel Hitipeuwn, dan Abdul Huda, 2014. ”Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif dan Reseptif Anak Autis dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis).” Jurnal P3LB Vol. 1. No. 2.

Fadillah, Muhammad, 2014. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Kurnia, Ita, 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Monks, F.J., A.M.P. Knoers, dan Siti Rahayu Haditono, 2006. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 137 Tahun 2014, 2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sujiono, Bambang, dan Yuliani Nurani Sujiono, 2005. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Wahyu, 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.