PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LADONG

Cut Nilawati, Muhammad Iqbal

Abstract


Guru merupakan faktor yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pengelolaan pembelajaran yang baik dan menarik harus direncanakan oleh guru. Dalam mendidik anak usia dini atau taman kanak-kanak, guru pastinya harus mempersiapkan metode, media dan strategi yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan motivasi belajar anak. Oleh karena itu penyusun melakukan penelitian dengan judul Penggunaan Media Flash Card Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ladong. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam berhitung dan juga untuk mengetahui peningkatan motivasi peserta didik dalam belajar berhitung menggunakan media flash card.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B usia 5-6 tahun sebanyak satu kelas yang berjumlah 20 siswa di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ladong. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan guru, penelitian dimulai dengan tindakan pada siklus I, hasil dari siklus ini menunjukkan hasil belajar mulai sedikit meningkat, dan motivasi belajar juga mulai terlihat membaik. Kemudian, dilakukan tindakan siklus II, pada siklus ini, flash card digunkaan lebih menarik dan beragam dari siklus sebelumnya. Hasil belajar siswa dari siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan grafik motivasi belajar siswa juga meningkat dari siklus sebelumnya. Berdasarkan tindakan dari siklus pertama dan siklus kedua dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media flash card angka dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa di TKS Aisyiyah Bustanul Athfal Ladong.

 

Kata kunci: Media, flash card angka, berhitung.


Full Text:

PDF

References


Azhima, I., Meilanie, R., Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, hal. 2008-2016.

Chatib, M. (2018). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Maryanto, R., &Chrismastianto, I. (2017). Penggunaan Media Flascard untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas 1 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah ABC Manado. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, hal. 305-313.

Pujiati, M. (2017). Cara Mudah Mengajar Anak Membaca: Mengajari Anak Membaca Menjadi Ringan dan Menyenangkan. Jakarta: Nauka Publishing.

Aisyah, S. (2007). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyanto. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.