PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMINIMALISIR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI (STUDI DI DESA LAE PINANG KECAMATAN SINGKOHOR)

Nelva Andriani Sinaga, Murni Murni

Abstract


Tulisan ini membahas permasalahan dampak buruknya penggunaan gadget pada Anak Usia Dini, dimana anak yang sudah mengenal gadget bahkan kecanduan akan terlihat tidak mempunyai sifat sosialisasi yang baik terhadap lingkungannya. Penelitian ini berjudul Peran Tokoh Masyarakat dalam Meminimalisir Penggunaan Gadget Pada AUD (Studi di Desa Lae Pinang Kecamatan Singkohor). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran tokoh masyarakat dalam meminimalisir penggunaan gadget pada AUD di Desa Lae Pinang Kecamatan Singkohor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tokoh masyarakat dalam meminimalisir penggunaan gadget pada AUD di Desa Lae Pinang Kecamatan Singkohor. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif artinya penelitian ini tentang data yang di kumpulkan berupa gambar dan diuraikan mengunakan kata-kata penulis, misalnya dari hasil wawancara yang dilakukan antara penulis dengan informan, memahami kenyataan yang terjadi di lapangan Adapun subyek dalam penelitian ini terdin dari 5 guru, 1 imam masjid, 1 ustadz dan 1 imam mukim Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: peran tokoh masyarakat dalam meminimalisir penggunaan gadget pada anak usia dini yaitu dengan mengawasi setiap aktivitas masyarakat yang ada di lingkungan sekitar, menjaga hubungan baikdengan orang tua, peran tokoh masyarakat juga terkait dengan mengawasi anak dengan memberikan batasan waktu bermain, dan menghindari penggunaan gadget dengan tingkat adiksi yang tinggi.

 

Kata Kunci: Tokoh Masyarakat, Gadget, Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Bambang Prasetyo dkk. 2005.Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Doni, Hamka Abdul Azis. 2015. Karakter Guru Profesional Melahir Murid Unggul Menjawab Handphone Pada Anak Study Di Smpn 5 Yogyakarta”. Yogyakarta: Studi Sosiologi Jurusan Ilmu Sosial Dan Humaniora.

Ianatus Sholikhah. 2022.Dampak Positif dan Negatif Game Online, (Online),https://www.google.com/amp/s,diakses pada 7 Januari

Jonathan, Clifford, dan Cahyono. 2006. Peran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Jaya.

Lexy J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XXV, (Bandung: Remaja Rosdakarya

Lonatus, Siagian. 2010. “ Peran Drang Tua Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Pelajar.

Rokom,2022.(Online),http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180706/4226605/inilah-dampak-kecanduan-game-online/,diakses pada 7 Januari Rosdakarta.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Ulber Silalahi. 2017. Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama, 2009.Universitas Tersakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.