UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA

Muslima Muslima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menanamkan budi pekerti pada anak usia dini dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat guru dalam menanamkan budi pekerti pada anak usia dini melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Melati. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas, jenis data yang diambil adalah jenis data kualitatif, di mana data diambil dari pengamatan langsung oleh peneliti mengenai upaya guru dalam menanamkan budi pekerti pada anak usia dini di TK Melati dua secara alamiah tanpa ada interpensi peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) observasi (2) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), datanya dianalisis dengan kualitatif. Analisisnya dengan melihat kecenderungan umum, selain itu juga digunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan persentase. Hasil penelitian berdasarkan hasil belajar anak dari siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa data pada siklus 1 aspek berdoa dan bersyukur masih 33,33 % anak menguasai, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 80,00 %. Aspek hidup bersama dan saling memperhatikan pada siklus 1 juga masih 46,67 %, dan peningkatan juga terjadi pada siklus 2 menjadi 73,34 Sedangkan pada aspek menghargai milik orang lain pada siklus 1 sebesar 40,00 %, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan lagi menjadi 66,67 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peranan guru yang sangat menonjol dalam penanaman budi pekerti. Penanaman budi pekerti pada anak dilakukan dengan melatih dan membiasakan anak untuk bersikap dan berperilaku hormat, kedisiplinan, kejujuran, adil, murah hati dan berani. Faktor pendorong dalam menanamkan budi pekerti pada anak di TK Melati Alur Tani II adalah dukungan orang tua dan motivasi anak, sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat sosial ekonomi dan tenaga pengajar. Adapun faktor yang menjadi pendorong orang tua dalam menanamkan budi pekerti pada anak di lingkungan keluarga adalah dukungan orang tua dan lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya adalah pribadi anak dan tingkat pendidikan orang.
Kata Kunc : Upaya Guru, Anak Usia Dini dan Budi Pekerti.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.