EFEKTIFITAS PEMBINAAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT

Kurniawan Kurniawan

Abstract


Moral adalah cermin kepribadian seseorang yang tampak dalam perbuatan dan interaksi dalam lingkungan. Nilai-nilai moral yang dapat ditanamkan kepada anakanak sebaiknya melalui sikap moral yang baik dan santun kepada anak dalam kehidupan sehari-hari, pada anak usia dini perilaku dan moral dapat terbentuk melalui kebiasaan sehari-hari secara formal dan non formal. Pembentukan perilaku melalui pembiasaan yang dimaksud meliputi moral pancasila, agama, perasaan atau emosi, kemampuan bermasyarakatan dan disiplin. Pada lembaga pendidikan anak seperti RA/TK guru sebagai orang dewasa yang banyak berinteraksi dengan anak, harus dapat menjadi model dalam mengajarkan moral kepada anak. Dalam penelitian ini mengambil rumusan masalah Apakah Pemberian Reward dan Punishment dapat Meningkatkan Moral Anak Kelompok B. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas pemberian reward dan punisment terhadap perkembangan moral anak Kelompok B. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini mengukan samjek anak-anak kelompok B TK yang berjumlah 13 orang siswa/i terdiri dari 4 siswa laki-laki 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan teknik pengolahan data yang digunakan menghitung angka persentase dari nilai perubahan perilaku/sikap anak-anak selama penelitian. Bedasarkan hasil observasi sebelumnya (Pra Siklus) Prilaku/sikap anak-anak yang tidak baik dari rata-rata 100% berkurang menjadi 74,6% di siklus I dan berkurang lagi menjadi dengan ratarata 30,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan reward dan punishment bisa merubah sikap atau moral anak rata-rata 69,2% kearah yang lebih baik.
Kata Kunci: Efektifitas Reward dan Punishment, Pembinaan Moral Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.