PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARRATIVE BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN TEKNIK CLOZE PROCEDURE

Darmiaty Darmiaty

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas XIIMIPA1 SMA Negeri 3 Banda Aceh dalam menulis teks bahasa Inggris. Teknik yang dipilih dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Cloze Procedure. Penelitian ini dilakukan di kelas XII MIPA-1 SMA Negeri 3 Banda Aceh semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA-1 SMA Negeri 3 yang berjumlah 27 siswa terdiri atas 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Melalui penerapan teknik cloze procedure dalam pembelajaran bahasa Inggris, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,15 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 44,44% atau 12 dari 27 orang siswa tuntas dalam pembelajaran siklus I sedangkan 15 siswa belum mencapai ketuntasan.. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama indikator keberhasilan belum tercapai karena siswa yang memperoleh nilai ≥75 hanya sebesar 44,44%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,62 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 77,77% atau 21 dari 27 orang siswa tuntas dalam pembelajaran siklus II sedangkan 6 siswa belum mencapai ketuntasan. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II indikator keberhasilan telah tercapai karena siswa yang memperoleh nilai ≥75 sebesar 77,77%. Penerapan teknik cloze procedure sebagai teknik pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis teks naratif bahasa Inggris di kelas XII MIPA-1 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Oleh karena itu disarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan teknik cloze procedure dalam mengajarkan keterampilan menulis.
Kata kunci: kemampuan menulis teks bahasa Inggris, teknik Cloze Procedure


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.