PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA MELALUI BERMAIN

Erlinawati Erlinawati

Abstract


Rendahnya kemampuan berhitung siswa di salah satu SD Nagan Raya menjadi suatu masalah yang harus diselesaikan. Penyelesaian yang dapat dilakukan yaitu dengan memperhatikan proses pembelajaran yang berlangsung. Hal ini dikarenakan siswa akan mudah memahami materi jika aktif selama proses berlangsung. Banyak cara yang diperkenalkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan melaksanakan proses pembelajaran melalui bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berhitung siswa melalui bermain di kelas II SD Muhammadiyah Nagan Raya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas II yang berjumlah 6 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berhitung siswa melalui bermain di kelas II SD Muhammadiyah Nagan Raya yaitu sebesar 83% pada kategori baik.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Bermain


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.