PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ABJAD

Ibrahim M. Jamil, Dahlia Irmawati

Abstract


Taman kanak-kanak (TK) merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah payung jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan TK diselenggarakan untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan keterampilan yang dilandasi pendidikan dasar, mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan asas pendidikan sedini mungkin dan seumur hidup, karena PAUD merupakan fondasi awal dalam meningkatkan kemampuan anak untuk menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi, menurunkan angka mengulang kelas dan angka putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis huruf abjad siswa TK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berperan efektif terhadap kemampuan menulis huruf abjad siswa TK. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes pada setiap pertemuan, peningkatan yang terjadi sebesar 5,10% dan meningkat kembali sebesar 3,79% dan pada pertemuan akhir meningkat kembali sebesar 0,50%. Peningkatan ini menjadi indikator tercapainya hasil pembelajaran dan keberhasilan penelitian.

 

Kata Kunci: Media gambar, peningkatan kemampuan menulis, huruf abjad


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.