UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA DENGAN METODE MENGGAMBAR

Dani Amin

Abstract


Penelitian ini berawal dari adanya temuan ketika melakukan observasi awal bahwa sebagian besar anak-anak kelompok A sebuah TK belum mampu mengenal warna. Selanjutnya dilakukan penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna dengan Metode Menggambar”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode menggambar pada kelompok A sebuah TK. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sumber data dalam penelitian ini adalah anak TK  kelompok A yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna anak kelompok A sebuah TK pada kondisi awal 44 % kemudian pada siklus I siswa yang berhasil mencapai 62% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan  yakni memperoleh nilai baik mencapai 94%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna dengan menggunakan metode menggambar pada anak kelompok A meningkat sangat signifikan

Kata Kunci: Kemampuan mengenal warna, metode menggambar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.